Tuesday 5 December 2023

Costumes dan Glide pada Scratch

 Scratch, "costumes" merujuk pada berbagai gambar atau frame yang dapat diberikan kepada sprite, sementara "glide" adalah blok perintah yang dapat digunakan untuk membuat sprite bergerak secara mulus dari satu titik ke titik lainnya.

Untuk mengganti kostum pada sprite di Scratch:

  1. Kostum: Klik sprite yang ingin kamu ubah kostumnya di panel sprite. Di sana, kamu akan melihat tab "Costumes" yang menampilkan semua kostum yang telah dibuat untuk sprite tersebut.

  2. Menambah Kostum: Kamu dapat menambahkan kostum baru dengan mengimpor gambar atau menggambar langsung di Scratch menggunakan alat gambar.

  3. Animasi Kostum: Kamu dapat membuat animasi dengan menambahkan beberapa kostum dan menggunakan blok-blok perintah untuk mengubah kostum secara berurutan.

Untuk membuat sprite glide dari satu titik ke titik lainnya:

  1. Blok Glide: Gunakan blok perintah "glide" dalam Scratch. Blok ini bisa ditemukan di bagian "Motion" dalam blok perintah. Blok ini memerlukan koordinat X dan Y sebagai titik tujuan.

  2. Contoh Penggunaan: Misalnya, jika kamu ingin membuat sprite bergerak ke posisi (0, 0), kamu dapat menggunakan blok "glide" dengan nilai x=0 dan y=0.

No comments:

Post a Comment

Berpikir Komputasional

4 Dasar berpikir komputasional: 1. Abstraksi, menyarikan bagian penting dari suatu masalah & mengabaikan yang tidak penting 2. Algoritma...